Jul 27, 2009

what we did

Cheeriosh!!!

kali ini kita nulis blog pake bahasa indo aja kali ya ahahahaha

udah ke tenggarong blum akhir" ini?
well we did, minggu kmaren kita sempetin pergi ke tenggarong untuk festival Erau
pembukaannya tgl 26 juli kmaren dan bakal berlangsung sampe tgl 3 agustus nanti,..
mungkin kalo kalian yg di balikpapan emang ada waktu dan kesempatan, bisa sempetin pergi ke sana,..
yaaa itung" liburan kan,..



sebenernya sih kita kesana pengen nyari orang yang ngerti ama arti ukiran" dayak,.. karena kita ga bsa nemu orang yang ngerti jadi kita decide untuk cabut ke desa pampang di samarinda, dimana desa ini merupakan desa dayak kenyah yg kebetulan terkenal dgn ukiran"nya,..

desa pampang udah modern banget, masyarakatnya ga primitive lagi, dan mreka juga cukup ramah ama pendatang dan turis"..
oh yes, kalo pada mau kesana mendingan dateng hari minggu, soalnya tiap minggu bakal ada acara tari"an gtu,. tarif masuknya 15 ribu untuk 1 orang, dan tiap tiket bakal dapet gelang manik" kaya gini..


lumayan juga kan buat souvenir,..
sebelum kita ketemu sma orang yg ngerti tntang ukiran" kita nonton dulu nih tari"an dayak. ada bbrapa macem tarian gtu, tapi jujur saya lupa nama"nya kekekeke,.. dan akhirnya yg nonton pada d ajak nari bareng gtu d akhir acara,..





walopun masyarakatnya uda modern tapi masih ada ibu" yg kupingnya panjang gtu,. kalian bisa foto bareng mreka d akhir acara,. tapi bayar bos,.. 25 rebu 1 foto,.. gimana? tertarik?

well after the show is over kita ketemu ama seniman lokal yg ngerti tentang makna ukiran" dayak,.. kita d jelasin detail tentang ukiran dayak yg bsa kalian liat d foto" yg d atas ini,..
intinya sih ukiran" motif itu ceritanya adalah cerita kehidupan bermasyarakat yang beraneka ragam dan bagaimana mreka saling terkait di dalam masyarakat,..

muka" serem yg ada di tameng ato sgala jenis ukiran hewan itu untuk melambangkan keberaninan dan supaya terlihat menakutkan bukan hanya buat musuh tapi juga buat ngusir roh" jahat,..

kalau soal warna yg biasa di pake (merah,kuning,putih dgn latar blakang hitam) itu cuma melambangkan diversity di antara mreka,..

ya sbnrnya masih banyak sih yg di jelasin, tp intinya sih sbnrnya itu,.
cukup menarik nih ukiran" dayak untuk d pelakari,. makanya kita harus lestarikan,.
oke bosku!

No comments:

Post a Comment